Halaman

Minggu, 09 Agustus 2009

Adab tidur

AMALAN MENJELANG TIDUR

Suatu ketika Rosululloh SAW berwasiat kepada Siti A'isyah r.a....
Wahai A'isyah, Aku wasiatkan kepadamu empat perkara...
A'isyah berkata "Apakah itu Ya Rosululloh?"
Rosululloh SAW bersabda; Wahai A'isyah...
1. Janganlah kau tidur sebelum mengkhatamkan Al Qur an.
2. Janganlah kau tidur sebelum kau yakin telah mendapatkan syafa'at dari para Nabi atau Rosul di hari Kiamat.
3. Janganlah kau tidur sebelum semua kaum mukminin dan mukminat telah ikhlas kepadamu.
4. Janganlah kau tidur sebelum kau menjadi Haji.
....
Kemudian Siti A'isyah bertanya.... "Ya Rosululloh, Bagaimana melakukan itu semua???"
Rosululloh SAW tersenyum, kemudian bersabda;
1. Janganlah kau tidur sebelum mengkhatamkan Al Qur an, yaitu Bacalah Surat Al Ikhlas 3x, karena membaca surat Al Ikhlas 3x, 'pahalanya' sama dengan mengkhatamkan Al Qur an.

2. Janganlah kau tidur sebelum kau yakin telah mendapat syafa'at dari para Nabi atau Rosul, yaitu Bacalah Shalawat serta Salam kepada para Nabi dan Rosul, sehingga dengan begitu mereka bisa memberi syafa'at kepadamu di Hari Kiamat.

(Contoh; AllooHumma Sholli 'alaa Nuuril Anwar wa sirril Ashroor wa tiryaaqil Agyaar wa miftaahi baabil yasaar sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadinil Mukhtaar, wa aaliHil ath Har wa ash haa biHil akhyar, 'adadaa ni 'amillaaHi wa ifdloo liH.....

atau pake bahasa indonesia
artinya: "Yaa AlloH, Curahkanlah Rahmat kepada cahaya segala cahaya, rahasia sekalian rahasia, obat segala obat, kunci segala kemudahan, penguhulu kami, pemimpin kami Muhammad, dan kepada para keluarganya yang suci-suci, dan kepada para sahabatnya yang baik-baik, sebanyak Nikmat Alloh dan Anugerah-Nya."

atau yang simple.... Alloohumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammad)

3. Janganlah kau tidur sebelum semua kaum mukminin dan mukminat ikhlas kepadamu, yaitu Bacalah Do'a untuk semua kaum mukminin dan mukminat, sehingga mereka kemudian ikhlas kepadamu.

(Contoh; AllooHummagfirlanaa waliwaalidaynaa walil mu'mininaa wal mu'minaat wal musliminaa wal muslimaat, al ahyaa i min Hum wal amwat Birohmatika Yaa Arhamarrohimiin)

atau pake bahasa indonesia
artinya: "Yaa Alloh, Ampunilah kami, orang-orang tua kami, semua kaum mukminin mukminat, muslimin dan muslimat, baik yang masih Hidup atau yang telah tiada, dengan rahmat-Mu, Wahai Yang Maha Penyayang diantara para Penyayang"

catatan: kata kami diatas maksudnya bisa diartikan diri sendiri + keluarga + saudara + sahabat + orang2 yg terpikirkan dalam benakmu + mungkin special buat yang disayangi. Piss

4. Janganlah kau tidur sebelum kau jadi Haji, yaitu Bacalah Tasbih Tahmid Tahlil dan Takbir, karena dengan membaca itu pahalanya sama dengan orang yang telah menjadi Haji.

Tidak ada komentar: